Tips Jitu Sukses Dalam Karier Bag. 2

2. Upgrade Curriculum Vitae minimal 1 tahun sekali

Curriculum vitae berisi personal data, pengalaman pendidikan, pengalaman kerja, training dan course yang diikuti, organisasi.

Nah yang perlu diupgrade setahun sekali adalah training dan courses nya bukan pengalaman kerjanya. Sebab kalau setahun sekali kalian pindah kerja dan masuk dalam CV kalian itu justru akan mengurangi nilai jual kalian bosque jadi jangan salah ya 🙂

3. Upgrade etiket komunikasi

Saat fresh graduate kalian pasti merasa sangat canggung, kaku, takut dan bahkan ada yang gemeter habis-habisan saat bertemu dengan atasan, bahkan pelanggan/customer. Nah seiring berjalannya waktu kalian harus makin pintar dalam berkomunikasi.

Belajarlah etiket berkomunikasi. Ingat ada rumusnya nih:

Kata-kata: memegang peranan keberhasilan komunikasi sebesar 7%. Artinya percuma merangkai kalimat berbunga2 karena ternyata kata-kata hanya memegang peranan 7% keberhasilan. Ada yang lebih penting daripada itu.. Yaitu :

mutu suara: saat bicara kita pasti pake intonasi juga dialek, dan tentu saja nada suara. Intonasi yang datar atau tinggi meski kata-katanya sama bisa diterima secara lain oleh responden. Makanya harus berhati-hati saat kita berbicara di sosmed.

Nada suara yang selalu tinggi juga membuat pendengarnya sebel… yang umum kita berbicara pada nada 3 (mi) atau 4(fa) untuk percakapan-percakapan formal maupun komunikasi sehari-hari
Nah mutu suara itu ternyata memegang peranan 38 % keberhasilan dalam berkomunikasi

3. Gerak tubuh
Ini dia ternyata yang paling penting dalam komunikasi. 55% keberhasilan komunikasi tergantung pada body language kalian.
Pernah kan kalian merasa seneng banget sama orang yang cool, gak banyak omong tapi sekali ngomong kena banget?

itu karena dia bisa mengeksplore mimik wajah, body language dan gestur tubuh yang keren banget sehingga orang yang mendengar atau melihat langsung setuju saja.

Kalian pikir apakah ini tergantung dari kecantikan atau ke handsome annya dia?… hmm bisa jadi iya bisa jadi tidak. Memang ada keuntungan tersendiri bagi yang dianugerahi wajah rupawan, tapi tetep saja kalau tidak bisa membawa diri bisa jadi dia terlihat sok dalam bersikap.
Banyak koq cara meningkatkan kemampuan diri supaya body language kalian enak dilihat

 

Kanjut Lagi di Bagian ke 3 yah..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top