Manajemen Personalia dalam Mewujudkan Tujuan Perusahaan

Salah satu unsur penting dalam berkembangnya perusahaan, diperlukan talenta-talenta yang kompeten untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Untuk itu, diperlukan kendali dalam perekrutan karyawan, dan salah satu unsur penting untuk mewujudkan hal tersebut adalah manajemen personalia yang baik. Manajemen Personalia memiliki peran besar dalam mewujudkan tujuan perusahaan. Bekerja dalam merekrut karyawan, pembinaan, hingga pengawasan dalam mewujudkan tujuan perusahaan,

Menurut John Soeprihanto, personalia atau manajemen personalia merupakan rangkaian pengawasan terhadap fungsi manajemen, dilakukan juga pengembangan, serta pemberian kompensasi kepada karyawan dalam perusahaan. Pengambangan merupakan salah satu proses untuk membantu perusahaan dalam mewujudkan tujuan secara lebih maksimal.

Secara umum, personalia memiliki fungsi meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Fungsi umum iniuntuk memastikan semua pihak terintegrasi dalam bekerja sama mewujudkan tujuan perusahaan.

Melalui fungsi keempat fungsi tersebut, personalia dapat membuat rencana, dan mengintegrasikan setiap sektor perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan, serta dapat melakukan perbaikan apabila ada hal diluar rencana awal.

Dalam menjalankan manajemen personalia untuk mencapai tujuan perusahaan, personalia memiliki beberapa tugas seperti :

  1. Melakukan seleksi calon karyawan sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi yang diperlukan, agar calon karyawan yang di rekrut sesuai dan tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Tahapan seleksi tersebut, sangat penting dalam menentukan sumber daya manusia yang kompeten, berdedikasi, dan dapat mengisi posisi yang dibutuhkan.
  2. Mengatur hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan karyawan seperti pelatihan.
  3. Memastikan kesejahteraan tenaga kerja dalam perusahaan.
  4. Mengatur SOP yang telat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  5. Mengurus proses kontrak karyawan.
  6. Pengintegrasian yang berhubungan dengan keinginan perusahaan dengan tenaga kerja atau individu dalam perusahaan. manajemen personalia berfungsi untuk memastikan semua pihak terintegrasi untuk bekerja sama dalam mewujudkan tujuan perusahaan.

Pentingnya posisi personalia dalam terwujudnya tujuan perusahaan, sangat penting bagi perusahaan memiliki personalia yang kompeten.

 

Bersumber :

Gie. “Pengertian Personalia Beserta Tugas dan Fungsinya Dalam Perusahaan”. Accurate. Diakses pada Maret 4, 2022.

Etania Riyanti. “Ini 9 Tugas HRD Di Perusahaan yang Perlu Diketahui”. HRnote.asia. Diakses pada Maret 4, 2022 .

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top